About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kopi Dunia

 

Cup of Coffee --- Image by © Royalty-Free/Corbis

Siapa tak kenal kopi, seluruh dunia mengenal dan sebagian besar menikmati kopi. kopi dijadikan sebagai minuman pagi hari, sebagai terapi,  sebagai penenang bahkan sebagai teman dalam beraktivitaas. Namun kira kira jenis kopi itu ada apa aja ya, itulah yang terlintas pertama kali ketika saya mengunjungi coffeeshop di Yogyakarta , karena belum sempet cari cari dan kemarin lagi bingung nulis artikel akhirnya teringat waktu itu mau cari mengenai detail kopi. Setelah menelusuri dan bertanya kepada teman teman saya yang jago kopi ini lah yang saya bisa saya tulis.. semoga menambah ilmu ya 😀

Jadi kopi memiliki 2 keluarga besar, yaitu

 Mengenal-Lebih-Dalam-Mengenai-Kopi-Dunia

1. Biji kopi arabika

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik, Sebagian besar kopi yang ada saat ini menggunakan biji kopi arabika. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah di budidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari negara Amerika latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Baca Juga :   Katanya Makanan Ini Pembawa Kebruntungan Saat Imlek lho

 

2. Biji Kopi robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Mengenal lebih detail perbedaan antara kopi robusta dan kopi arabica adalah sebagai berikut

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kopi Dunia

Rasa

secara rasa kopi robusta memiliki rasa yang hampir sama dan ketika panaskan biji kopi ini memiliki bau seperti kacang, namun sebaliknya kopi arabica memilki variasi yang lebih beragam dan tergantung dari tempat dan iklim, ketika biji kopi arabica dipanaskan maka akan tercium bau seperti

Kualitas biji

kopi robusta memiliki ketahanan yang kuat terhadap hama, selain itu biji kopi robusta memiliki ketahanan yang sangat baik karena dapat tumbuh di ketinggian rendah antara 200 – 800 m, hal ini menyebabkan biaya penumbuhan biji kopi ini relatif murah berbeda dengan biji kopi arabica yang rapuh dan harus tumbuh di suhu dingin, penanaman biji kopi arabica membutuhkan keuletan lebih karena biji kopi ini rentan terhadap ham sehingga membutuhkan perawatan yang lebih.

Baca Juga :   Sudahkah Anda Tahu Jenis-Jenis Keju ini?

Kadar Kafein

kadar kafein pada biji kopi robusta memiliki angka yang lebih tingga daripada arabika sehingga menyebabkan ketika kita menyeduh kopi yang memakai biji kopi robusta maka akan terasa lebih pahit ketimbang biasanya

Detail penyajian kopi

pasti anda sering melihat berbagai macam penyajian kopi seperti espresso, capucino dll , ya macam tersebut berbeda beda berdasarkan nama bahan -nya.

Mengenal-Lebih-Dala-Mengenai-Kopi-Dunia-3

Espresso
Biasa di sebut normale di Italia dan adalah jenis kopi yang paling populer. Merupakan air kopi murni dengan warna hitam dan kental, dan menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Biasa diminum dengan atau tanpa gula.

Machiato
Asal katanya berarti ternodai. Merupakan Espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kalau cangkirnya lebih besar namanya jadi Cappuccino.

Caffe Latte
Bahasa italianya kopi susu. Merupakan espresso yang ditambahkan dengan atau tiga kali takaran susu dari teko besar yang biasanya disediakan di bar.

Baca Juga :   Keunikan Sejarah Spaghetti

Cappuccino
Merupakan Espresso yang ditambahkan susu panas yang dibusakan. Minuman classic utnuk sarapan orang italia yang dipercaya lebih ‘berat’, komposisi terbaiknya terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga busa susu yang pekat. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari susu cangkir espresso biasa. Biasanya diminum dengan gula.

Marachino
Konon kopi khas orang Maroko yang mempunyai banyak penggemar di Milan. Sebenarnya merupakan espresso ditambah busa susu panas dan taburan coklat diatasnya. Disajikan dalam cangkir kecil.

White Coffee
kopi putih yang tidak putih.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar mengenai “White Coffee” atau kopi putih, bahkan belakangan ini kita juga telah melihat iklannya di media cetak dan televisi. Tahun lalu pun di Jakarta mulai dibuka gerai kopi waralaba yang menyuguhkan kopi putih. Sebenarnya apakah yang disebut kopi putih atau white coffee itu, berikut ini adalah beberapa determinasi mengenai kopi putih.

 

sumber : pbs.twimg.com, dewa-barista.blogspot.co.id ,www.theroasterie.com, www.coffeechemistry.com,www.kaskus.co.id

 

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *