About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Barista, Sang Seniman Kopi

saya saat ini meniti karir di Yogya dan kopi menjadi teman setia saya saat meniti karir, malam malam menelusur ke setiap penjuru kota mencari tempat kopi yang cozy hehehe.. Suatu ketika saya penasaran mengenai barista, dan kali ini saya rindu untuk membagikan ini ke teman teman kuliner. apa itu barista ? dan apa hubunganya dengan kopi ? berikut hasil rangkuman saya dari berbagai web dalam dan kluar negeri. Meracik kopi bukan hal yang mudah, karena jika sebuah kopi diracik dengan benar maka akan menimulkan sensasi yang sangat nikmat . Seni meracik kopi bukanlah sekedar hobi namun telah diakui oleh internasional.

Barista, Sang Seniman Kopi

Barista ialah sebuah nama bagi yang memilki hobi dan kemampuan dalam proses peracikan kopi, barista sendiri berasal dari bahasa italia yang berati pria atau wanita yang bekrja sebagai bartender namun mengurusi bagiam minuman panas seperti kopi, sebelum melihat lebih jauh mari kita lihat terlebih dahulu sejarah singkat kopi.  Biji kopi pertama kali ditemukan pada abat 850 , pada tahun 1600 biji kopi mulai masuk ke daerah eropa melalui pelabuhan venice. pada tahun 1654 pertamakali di itali dibuka sebuah rumah kopi , hingga pada tahun 1822 ditemukan mesin espresso pertama kali di prancis dan pada akhirnya untuk mengolah itu barista pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2000 di New Dehli.

Baca Juga :   Satu Tempat 2 Brand Resto Dengan Keunikan Tersendiri Little Wish dan Dapoer Asia

Barista-Sang-Seniman-Kopi-

Bagaimana barista bisa disebut seniman, tentu saja karena menjadi barista harus sabar dan harus memiliki pengetahuan mengenai jenis kopi, karakteristik kopi selain itu kreatifitas pun harus di asah , seperti yang terjadi pada acara grand final barista competition 2013 di nusa bali  ada peserta yang menggabungkan espresso dengan tamarin, lengkuas dan memberi nama minumanya TOM YAM ESPRESSO (wah kelihatanya unik ya dan rasanya pasti nikmat :D), Adapula yang memadukan ekstrak durian, lemon grass, tamarin, lengkuas yang menghasilakan taste dark chocolate yang diberi nama EVENLY ESPRESSO. Ada lagi yang mencampur minumannya dengan vanilla ice cream, banana, honey, dengan espresso. Kesemuanya itu untuk memberikan hasil yang terbaik yang bisa mereka sajikan

Baca Juga :   Mau Makan Soto atau Penyetan, Ada di Soto Lamongan Pak Narto Yogyakarta

Barista-Sang-Seniman-Kopi-

selain dari kreatif secara ekstrasi bahan, seorang barista juga diharapkan memiliki kemapuan lain yaitu latte art, apaan si latte art itu, latte art adalah seni melukis di atas sebuah kopi ,proses nya sebagai beerikut yaiut dengan membuat espresso lalu menuangkan susu sudah dipanaskan hingga suhu 80 derajat dan mulailah warna espresso berubah, dan dengan menggunakan logam lancip maka barista pun akan mulai menggambar. selain dengan logam biasanya barista menggunakan sebuah foam untuk membentuk binatang ataupun bentuk lainya..

Barista, Sang Seniman Kopi-5

ya kurang lebih seperti itulah barista, walaupun terlihat hanya menyuguhkan kopi namun sebenarnya pekerjaan mereka sangat berat dan sangat keren bagi saya. bagaimana mereka bisa menyajikan berbagai karakteristik kopi.. pokok nya keren abis 😀
semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share yaaa…
next kita akan bahas espresso 😀

Baca Juga :   Yuk Baca Tips Supaya Nggak Gemuk Walau Hobi Nongkrong

sumber : kompasiana.com, barista.co.id, wikipedia ,g311090045.blogspot.co.id ,foodandwine.com ,coffeeandcake.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *