About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Asal Mula dan Makna Hidangan Kolak

Tentu kita semua udah pernah mencicipi kolak ya? Hidangan manis ini banyak kita jumpai ketika bulan Ramadhan. Kolak sendiri adalah hidangan yang terbuat dari kuah santan, gula, pisang, ubi atau isian lainnya. Walaupun sekarang bukan bulan ramadhan, tapi tiba-tiba jadi kepikiran dan cari tahu soal kolak nih hehee. Nggak ada salahnya dong. Nah.. pernah kepikiran nggak sih dari mana asal nama kolak? Atau gimana awalnya kenapa bisa ada hidangan ini? Ternyata semua ada maknanya lho! Penasaran? Yuk kita simak.

1. Sejarah Kolak
Kolak ini merupakan salah satu media penyebaran Islam di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Masyarakat Jawa pada masa itu belum mengenal Islam dengan baik, sehingga para ulama mencoba berembuk untuk menetapkan satu cara sederhana agar masyarakat dapat memahami agama Islam. Cara mudah dan sederhana akan lebih dipahami oleh masyarakat Indonesia pada waktu itu sepertinya berhubungan dengan makanan. Oleh karena itu digunakanlah kolak ini sebagai media penyebaran.

Baca Juga :   Katanya Makanan Ini Pembawa Kebruntungan Saat Imlek lho

2. Asal Nama Kolak
Kolak sebenarnya berasal dari kata ‘khalik’ yang berarti Sang Pencipta. Hidangan ini dinamakan demikan karena bertujuan agar bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Itulah sebabnya, kolak sering disajikan saat bulan Ramadhan.

3. Makna Bahan-bahan Dasar Kolak
Ternyata bahan yang digunakan pun ada makna dan maksudnya lho. Seperti pisang kepok dan ubi. Pisang kepok maksudnya diartikan sebagai kata ‘kapok’, supaya kita harus kapok atau bertobat atas dosa yang pernah dilakukan. Sedangkan ketela atau telo pendem berarti mengubur segala kesalahan yang telah lalu. Jadi berbuka puasa dengan kolak harapannya kita bisa menjadi semakin dekat sang Khalik dan memendam segala dosa serta kesalahan yang telah diperbuat.

Baca Juga :   Wow! 7 Museum Makanan yang Unik di Dunia

Nah itu lah beberapa makna dan asal mula hidangan bernama kolak. Mungkin beberapa diantara kita sering memakannya tapi belum tahu maknanya bukan? Padahal ternyata baik sekali. Semoga menambah ilmu dan bermanfaat ya!
Buat yang mau share boleh banget 😀

asal-mula-dan-makna-hidangan-kolak

sumber: republika.co.id, santapjogja.com, kabarimbo.com, sisi-lina.blogspot.com

Food Buddy

2 thoughts on “Asal Mula dan Makna Hidangan Kolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *