About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Depresi , Putus Sekolah, dan Kebangkrutan, Sebuah Kisah Inspiratif William Rosenberg Founder Dunkin Donuts

Sebuah tempat yang sering saya kunjungi untuk mengerjakan tugas dengan ditemani segelas kopi dan donat ya nama tempatnya adalah Dunkin Donuts. Salah satu tempat cozy favorit saya ternyata menyimpan sebuah kisah yang sangat luar biasa dan inspiratif. William Rosenberg founder dari  Dunkin Donuts merupakan seorang yang luar biasa dengan kegigihanya kini produknya bukan lagi hanya ada di satu negara namun di puluhan negara hingga pada tahun 2011 tercatat memiliki 10.000 cabang. Kagak kebayang deh.. hahaha
penasaran sama ceritanya ? yuk ikuti

Beliau hidup  antara 10 Juni 1916  sampai 22 September 2002. Dalam usia yang cukup muda yakni sekitar 31 tahun, dia sudah memberanikan diri untuk mendirikan lapak donat dan kopinya yang pertama yaitu Open Kettle pada tahun 1948 di Memorial Day pada tahun 1948.

Dan pada tahun 1950 dia merubah nama usahanya menjadi Donkin’ Donuts dengan tempat yang berbeda di amrik sana yaitu kota Quincy , Massachusetts.

Perjalanan karirnya sama seperti pebisnis sukses lainnya, yaitu berawal dari nol. Ia hidup di masa depresi berat keuangan amerika yang mengakibatkan keluarganya bangkrut karena kehilangan toko. Dan karena masalah itu pula, dia terpaksa putus sekolah. Dalam keadaan demikianlah dia mulai mengenali dunia kerja.

Baca Juga :   Macam Variasi Kopi Khas Nusantara

Sebelum usia empat belas tahun dia sudah bekerja pindah-pindah. Dan setelah usia itu ia baru dapat pekerjaan tetap di Western Union yang bergerak di pengiriman telegram. Pada usia tujuh belas tahun, ia pindah dan bekerja di perusahaan Simco, perusahaan didistributor es krim menggunakan mobil dengan bak pendingin.

Di perusahaan ini dia mengenal sistem distribusi yang kelak membantunya dalam mengembangkan waralaba donatnya. Pada usia dua puluh satu tahun, dia dipromosikan naik pangkat dari unit distribusi menjadi manajer penjualan tingkat nasional. Tugas dan pengalamannya pun bertambah besar dan luas seperti: mengawasi produksi, distribusi es krim , penyimpanan di gudang pendingin dan mengelola 40 hingga 100 truk es krim dengan bak pendingin

Setelah perang dunia kedua keadaan ekonomi Amerika masih depresi, William Rosenberg tidak bekerja lagi di perusaan. Dengan beberapa ribu dolar amerika hasil pinjaman, dia mulai berusaha mandiri, yaitu mengembangkan pengetahuannya tentang distribusi makanan. Dia memberanikan diri membuka perusahaan pertamanya yang bergerak di katering makanan.

Baca Juga :   Fast Food Sering Kali di Artikan Junk Food , Sebenarnya Apa Perbedaanya ????

Depresi-Putus-Sekolah-dan-Kebangkrutan-Sebuah-Kisah-Inspiratif-William-Rosenberg-Founder-Dunkin-Donuts

Perusahaan pertamanya ini bertujuan menyediakan dan mengantar katering makan dan makanan ringan serta minuman kopi untuk para pekerja alias karyawan pabrik di pinggir kota Boston, Massachusetts, Amerika serikat. Dia membawa kateringnya dengan kendaraan van miliknya sendiri yang saat itu baru satu buah.

Dan hebatnya, setelah beberapa lama, usahanya itu berkembang pesat dan cepat. Dalam waktu singkat, dia ternyata telah berhasil membeli 200 mobil katering dan juga telah mendirikan 25 buah outlet katering di sepanjang jalur operasi penjualnya itu.

Sejarah Awal Jualan Donat

Setelah menyadari bahwa 40% dari pendapatan bisnisnya berasal dari donat dan kopi, William Rosernberg mulai berpikir untuk membuka sebuah toko yang mengkhususkan diri dalam dua produk itu. Dia pun membuka toko donat dan kopi pertamanya yang dia beri nama “Open Kettle ” di Memorial Day. Dan  pada tahun 1948 , usaha ini berganti nama menjadi ” Dunkin ‘ Donuts “.

Baca Juga :   Sudahkah Anda Tahu Semua Rempah Rempah Ini ?

Daya tarik usaha donkin donuts si William Rosenberg ini adalah, dia menawarkan 52 varietas donat yang berbeda. Inilah awal kisah sukses donat Donkin Donuts di Amerika karena ia telah memberikan bentuk dan rasa baru dalam donuts. Dan itu melengkapi kegandrungan masyarakat amrik akan makanan ringan yang satu ini. Jadilah Donkin Donuts naik daun seketika dan mulai merambah kemana-mana di seluruh wilayah amrik.

Depresi-Putus-Sekolah-dan-Kebangkrutan-Sebuah-Kisah-Inspiratif-William-Rosenberg-Founder-Dunkin-Donuts

Pada tahun 1955 , saat william rosenberg membuka toko keenam , ia merubah konsep bisnisnya menjadi sistem waralaba. Sistem ini digunakannya sebagai sarana distribusi dan ekspansi pasar ke dunia yang lebih luas menembus pasar nasional dan pasar internasional.

 

keren kan.. 😀 so jangan menyerah dengan hidup mu, kegagalan adalah awal kesuksesan.

sumber : billedbladet.com, caramembuatdonatkentan.com, insidetimies.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *