About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Belajar Cara Memilih Buah yang Bener Yuk

Belajar-Cara-Memilih-Buah-yang-Bener-Yuk
Pergi kepasar dan membeli buah semua orang bisa, tapi yang susah adalah membeli buah yang baik dan segar. Memang sih memilih buah itu susah susah gampang, tapi ada kok tips nya secara umum.. berikut adalah tips memilih buah dari beberapa sumber, semoga bisa di ingat dan membawa berkah saat belanja buah.. Kan rusak sudah acara kalo udah beli buah banyak taunya kurang enak di makan.. hehe
simak yuk, jangan lupa dibagikan biar berkahnya gak di ambil sendiri.. hehe

Alpukat

  • Cobalah untuk menekan buah alpukat sebelum membelinya. Buah yang baik itu masih keras. Kalau sudah lembek, meskipun dari luar belum terlihat busuk berarti tidak bagus lagi . Namun sayang beberapa pedagang nakal tetap menambahkan formalin di kulit buah agar terasa keras. Sehingga anda perlu lebih teliti lagi mana buah yang keras alami dan buatan.
  • Bual alpukat yang berarna tua menandakan sudah membusuk. Pilih buah dengan warna hijau tua, terutama di dekat batang. Buah yang warnanya bercampur coklat sudah pasti hampir membusuk. Sedangkan buah yang terlalu muda masih belum masak.
  • Tanda lain kalau buah alpukat sudah masak adalah berat. Buah yang ringan menandakan daging buah tipis dan kemungkinan besar masih mentah. Banyak buah alpukat di pasaran yang dijual dalam keadaan mentah agar tidak mudah membusuk. Bila anda mendapati buah alpukat yang masih mentah, simpan di tempat gelap dengan koran. Hindari mencuci buah karena akan membuatnya busuk.
  • Tanda lain kalau buah alpukat sudah masak adalah berat. Buah yang ringan menandakan daging buah tipis dan kemungkinan besar masih mentah. Banyak buah alpukat di pasaran yang dijual dalam keadaan mentah agar tidak mudah membusuk. Bila anda mendapati buah alpukat yang masih mentah, simpan di tempat gelap dengan koran. Hindari mencuci buah karena akan membuatnya busuk.
  • Buah alpukat yang sudah matang ditandai dengan biji yang tidak menempel. Nah, untuk mengetahuinya anda dapat menggoyang buah tersebut. Bila terasa bijinya bergerak berarti buah sudah matang.¬†Menilai buah apukat yang busuk juga bisa dari bijinya. Biji yang digoyangkan tapi tidak bergerak sama sekali, ditambah dengan tekstur kulit yang lembek menandakan bagian dalam buah sudah membusuk.
  • Buah alpukat yang kulitnya tidak rata, misalnya terdapat bercak atau bintik-bintik hitam menandakan kalau daging buahnya berserat dan sudah hampir membusuk. Buah alpukat yang baik teksturnya lembut tanpa serat. Pilih buah yang permukaannya terlihat segar, mulus dengan warna hijau tua. Sebaiknya beli buah di tempat yang terpercaya agar tidak mudah tertipu.
Baca Juga :   T-Cash Solusi Hemat Buat Kamu yang Hobi Ngopi, nge Mcd, nge Wendys dan Masih Banyak Lagi

Selanjutnya adalah buah Pisang , yuk di baca

  • Jangan pilih buah pisang yang tandannya kering, karena ini menandakan pisang tersebut sudah lama dipanennya.
  • Pilih pisang yang ujungnya masih agak hijau, ini bermanfaat jika anda ingin menyimpan pisangnya agak lama. Kondisi seperti ini merupakan kondisi terbaik dalam membeli pisang karena pisang baru memasuki masa kematangan.
  • Jangan memilih pisang yang warnanya kecoklatan, karena itu menandakan pisang sudah kelewat matang.
  • Bila menemukan bintik-bintik hitam atau kecoklatan artinya pisang sudah melewati mulai melewati masa matang nya, biasanya kondisi pisang sudah semakin lembek dan kulitnya susah dikupas. Sebaiknya jangan dibeli.
  • Coba pegang pisang itu apakah agak keras atau tidak. Jika keras berarti belum matang, jika lembek berarti terlewat matang. Pilih lah yang sedikit lembut (bukan lembek).
  • Jangan memilih pisang yang baunya tajam karena itu menandakan sudah terlalu matang.
Baca Juga :   Ini Dia Berbagai Menu Sarapan Enak Dari Penjuru Dunia

Selanjutnya adalah buah Melon

  • Melon yang matang akan terasa lebih berat, jadi bandingkanlah dengan melon yang berukuran sama dan pilihlah yang lebih berat.
  • Melon yang sudah matang tentunya mengeluarkan aroma yang manis dan harum. Aroma ini biasanya sudah terasa di pangkal tangkai, apabila sudah tercium aromanya menandakan melon tersebut sudah matang.
  • Melon Yang matang akan membuat semakin banyak biji yang terlepas. Hal ini akan menyebabkan semakin banyak ruang kosong di dalam buah. Jadi tipsnya adalah dekatkan buah melon ke telinga sobat, lalu di ketok-ketok, apabila bunyinya terasa dalam dan bergema berarti buah melon sudah matang.
  • Selain dengan di ketok-ketok, sobat juga bisa mencoba cara lain, yaitu dengan cara mengguncang-guncangnya, apabila terasa ada biji yang ikut terguncang artinya melon sudah matang.
  • Jangan memilih melon yang masih ada tangkainya. Karena melon yang sudah matang secara alami akan terlepas dengan sendirinya dari tangkai. Tapi Jika sobat melihat bekas tangkainya dipotong secara paksa, artinya melon dipanen sebelum matang.
  • Coba sobat lihat jaringan atau guratan pada kulit melon, semakin banyak dan tebal guratannya menandakan melon tersebut sudah matang.
Baca Juga :   Fakta Unik Mengenai Permen Dan Labu Di Event Halloween

Selanjutnya adalah buah Nangka

  • Pilihlah buah nangka yang duri-durinya besar serta jarak antara durinya cukup lebar, itu menandakan buah nangka tersebut sudah tua. Walaupun belum matang tapi bisa diperam.
  • Jangan memilih buah nangka yang memiliki duri yang masih memiliki duri yang rapat, karena buah tersebut masih muda dan tidak akan matang walaupun diperam, bahkan akan menjadi busuk. Kecuali jika anda ingin membuat sayur nangka, maka pilihlah buah nangka yang berduri rapat ini.
  • Pilihlah nangka yang berbau harum. Itu jelas menandakan nangka tersebut sudah matang.
  • Jangan memilih nangka yang ada lubang pada bagian kulitnya, itu menandakan buah nangkanya diserang ulat, biasanya sebagian daging buahnya akan rusak.
  • Pukullah buah nangka dengan benda tumpul, jika suaranya terdengar longgar atau buk buk buk, itu menandakan buah nangkanya sudah matang.
  • Jika suaranya nyaring, itu menandakan buah nangkanya belum matang dan cocok untuk dijadikan sayur nangka.
  • Untuk memeram buah nangka agar cepat matang bisa anda lakukan dengan membungkusnya pakai karung, bisa anda lakukan ketika nangka masih di pohon ataupun ketika nangka tua yang sudah dipetik.

sumber : www.ahlinyadetox.com , www.tiportips.com , pengalaman pribadi , www.gudangkesehatan.com

Food Buddy

One thought on “Belajar Cara Memilih Buah yang Bener Yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *