About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Resep Wedang Ronde

Terinspirasi dari post-post sebelumnnya tentang kulineran ronde di Salatiga, saya mau berbagi resep wedang ronde yang sudah saya coba sendiri !!  😎  😆 Waktu saya coba tidak persis sama dengan resep ini, tapi hampir mirip lah, hehe.. Nah sebenarnya ronde ini bisa dikreasikan isi dan bentuknya juga lho, saya lihat beberapa sudah menjual ronde karakter (ronde dibentuk2 wajah hewan atau tokoh) wah unik banget ya!

Nah kali ini saya mau berbagi resep yang originalnya saja.. teman-teman bisa berkreasi dan bereksperimen sendiri dalam membuat ronde versi kalian sendiri ! Yuk let’s check it out 😀

Bahan
500 gram tepung ketan
2 gelas air

Baca Juga :   Rayakan Halloween Dengan Membuat Makanan Unik Berikut (Ada Tutorial Video nya)

Adonan ronde merah
3 tetes pewarna merah
Garam

Adonan ronde hijau
1 sendok makan daun suji
1/3 sendok makan air daun pandan
Garam

Isi ronde merah
100 gram gula jawa
¼ butir kelapa parut
Garam

Isi ronde hijau
200 gram kacang tanah dikupas dan disangrai
100 gram gula

Wedang
2 ruas jari jahe
1 batang serai
1 balok gula jawa

Untuk 5 orang

Caranya :
1. Adonan ronde: Tambahkan air hangat ke campuran tepung ketan dan sedikit garam. Sedikit-sedikit dulu sambil diuleni sampai adonan tidak lengket. Bagi dua adonan. Satu bagian diberi pewarna merah, dan uleni sampai warna tercampur rata. Sisanya kita beri pewarna hijau.

resep-wedang-ronde
adonan ronde diberi warna hijau

2. Wedang: Rebus air sampai mendidih, lalu tambahkan jahe, serai, dan gula merah. Masak sampai air mendidih dan gula larut.
3. Isi ronde: tumbuk kasar kacang tanah, dan ditambahkan gula. Untuk isi berikutnya, panaskan irisan gula jawa di atas api kecil sampai meleleh. Tambah sedikit garam. Masukkan parutan kelapa, aduk sampai tercampur rata dan warna gula jawa meresap ke parutan kelapa

Baca Juga :   Resep Dorayaki Khas Jepang yang Enak dan Lembut
menumbuk kacang tanah
menumbuk kacang tanah
resep-wedang-ronde
isian ronde gula jawa dengan kelapa

4. Ambil sedikit adonan tepung ketan merah, pipihkan dan cubit tengahnya hingga membentuk mangkuk. Isi dengan campuran gula jawa dan parutan kelapa. Tutup rapat dan bulatkan lagi. Untuk yang hijau, isi dengan campuran kacang dan gula. Cubit-cubit pinggirnya untuk menutup rapat rondenya. Rebus air sampai mendidih masukkan adonan satu per satu. Rebus sampai ronde mengapung kalau sudah matang. Angkat dan tiris sebentar.

resep-wedang-ronde
mengisi tepung ketan dengan isian
merebus ronde
merebus ronde

5. Sajikan dalam gelas. Terakhir, siram dengan kuah wedang.

resep-wedang-ronde
menuang wedang ronde

Sebenarnya simpel sekali ya buatnya? Dan sudah dicoba rasanya enak lho.. nggak kalah deh sama ronde-ronde beli diluaran. Kalau mau komplit bisa ditambahkan agar-agar, kolang-kaling, atau  mungkin roti, rumput laut, dan lain-lain. Yummy!  😛  Selamat mencoba..

Baca Juga :   Belajar Buat Klepon Yok yang Kenyal dan Manteb

sumber: youtube.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *