About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Kenali Aneka Jenis Cokelat Yuk!

Anda pecinta cokelat? Wajib tahu nih jenis-jenis cokelat. Atau mungkin anda sudah tahu? hehe tidak ada salahnya baca lagi ya supaya hafal *emangnya ujian :p*. Dengan anda mengetahui jenis cokelat tentunya bisa berguna juga loh untuk bikin kue atau hidangan yang berbahan cokelat. Nah kadang kala kita sering bingung, cokelat apa yang pas digunakan untuk membuat hiasan roti, permen cokelat, pembuatan kue, atau untuk minuman cokelat dan lain-lain. So, ini dia berbagai jenis cokelat dan penggunaannya. Yuk simak 😀

1. Cokelat Couverture

Cokelat Couverture Ini adalah jenis cokelat terbaik. Kandungan cokelatnya sangat murni dengan presentase cocoa butter yang tertinggi. Tekstur cokelat ini sendiri cukup lembut dan warnanya lebih mengkilap. Cokelat ini banyak digunakan untuk industri besar. Pengolahannya lebih sulit, yaitu dengan cara dilelehkan. Cokelat ini sangat pas untuk membuat cokelat truffle, cokelat praline dan permen cokelat.

Baca Juga :   Tips Membeli Berbagai Buah Agar Mendapat Buah Yang Segar

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

2. Cokelat Compound

Cokelat jenis ini lebih banyak digunakan untuk dekorasi, ganache, praline, dan lain-lain. Harganya jauh lebih murah daripada jenis couverture. Biasanya dijual dalam di pasaran menjadi tiga jenis, yaitu:

– Dark Cooking Chocolate

– Milk Cooking Chocolate

– White Cooking Chocolate

Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue adalah Collata, Tulip atau Mercolade.

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

3. Cokelat Warna

Cokelat Warna Ini adalah jenis cokelat compound yang telah diberi pewarna. Alternatif lain bila ingin menggunakan namun sulit mendapatkannya, buatlah dengan menggunakan cokelat putih (white cooking chocolate) yang dilelehkan/ditim lalu diberi pewarna.

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

4. Plain

Jenis ini adalah jenis cokelat dengan rasa khas yang plain. Dibuat dari pasta cokelat yang didinginkan dan dibekukan tanpa penambahan gula. Bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau juga sebagai garnish (hiasan).

Baca Juga :   Aneka Minyak untuk Memasak dan Penggunaannya

5. Cokelat Bubuk

Jenis cokelat yang ini terbuat dari biji cokelat yang dihaluskan, ditambahkan tepung dan sedikit pemanis. Lalu melalui proses pengeringan kembali sampai menjadi bubuk halus yang tahan lama.

6. Cokelat Chip

Cokelat ini berbentuk kepingan kecil, bulat seperti tetesan air. Selain berwaran cokelat, ada juga yang berwarna-warni seperti pelangi. Bila digunakan sebagai salah satu bahan pembuat kue, sebaiknya pilih cokelat chip yang tak mudah meleleh/tanah panas.

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

7. Cokelat Butir

Nah, yang ini biasanya mudah kita temukan bila sarapan pagi. Yup, cokelat butir biasa disebut juga sebagai meises. Selain untuk roti, coklat ini juga bisa digunakan untuk penambah rasa pada martabak, donat atau es krim.

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

8. Cokelat Pasta

Cokelat ini terbuat dari ekstrak cokelat dengan rasa yang sedikit pahit. Biasa digunakan sebagai pewarna dan tambahan perasa pada cake atau roti.

Baca Juga :   5 Alasan Mengapa Kita Harus Memakan Sate Padang

Kenali-Aneka-Jenis-Cokelat-Yuk!

9. Cokelat Selai

Cokelat siap santap yang terbuat dari cokelat susu, minyak nabati, gula, garam dan vanili. Teksturnya lembut dan kental. Rasanya manis dengan warna yang agak pucat dan mengilap. Biasa digunakan sebagai isian roti tawar.

10. Cokelat Kualitas Premium

Cokelat jenis premium ini mengandung lebih banyak cocoa liquor atau sari biji kakao yang berbentuk pasta, cocoa butter dan cocoa solid. Makin tinggi kandungan cocoa liquor maka makin terasa sensasi pahit dari cokelat tersebut.

Ciri-ciri dari cokelat premium:

– Cepat meleleh karena tingginya kandungan cocoa butter.

– Berwarna cokelat gelap, bukan hitam

– Permukaan cokelat terlihat lebih halus, mengilap dan warnanya rata.

– Teksturnya seperti kulit pohon ketika dipatahkan.

– Saat dimakan terasa creamy dan tidak berminyak.

sumber: kompasiana.com, proteinpow.com, katalog.or.id, id.wikipedia.org

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *