About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Tips Memasak Kentang Supaya Renyah Namun Berisi

Tips Memasak Kentang Supaya Renyah Namun Berisi

Hayooo, siapa nda suka kentang ? saya yakin semua pasti suka karena selain rasanya yang enak , namun juga pembuatanya mudah banget. Namun pernah tidak mengalamai sudah membeli kentang banyak , dipotong potong waktu di goreng tidak mirip seperti di MC* atau KF* ?
nah kali ini penulis akan bagikan ilmu mengenai goreng kentang, ingat ini kentang bikin sendiri lho.. tidak pake instan, tidak sehat juga buat tubuh.. yang alami lebih baik

 

Bahan-bahan:
-Kentang mentega (sebenarnya kentang apa saja jg bisa tapi kentang mentega mempunyai rasa yang lebih enak dan berukuran besar, cocok untuk jadi kentang goreng)
-Air untuk merebus
-Tepung Terigu serbaguna
-Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya

-Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
2. Rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam, ketika airnya mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.


# CATATAN #

1. Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket.
2. Kentang bisa disimpan di dalam freezer hingga 2 minggu. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.
3. Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
4. Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
5. Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.
6. Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera anda.

sumber : ibumudabijak.blogspot.com,dailymotion.com

Baca Juga :   Resep Cemilan Sehat, Oatmeal Cookies

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *