About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Aneka Menu Nasi Khas Daerah yang Patut Dicoba

Nasi adalah makanan pokok di Indonesia. “Rasanya belum kenyang kalau belum makan nasi”, begitulah kira-kira ucapan yang sering kita dengar. Begitu banyak macam makanan yang menggunakan nasi dan divariasi sesuai daerahnya masing-masing. Ada yang pakai daun pisang, pakai cabai banyak, pakai sayur nangka muda, dan lain-lain. Wahhh… siapa yang tidak penasaran ingin mencicipi semuanya ya! Yuk kita simak aneka menu nasi yang khas dari berbagai daerah ūüėÄ

1. Nasi Megono

Nasi Megono berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Bisa dibilang sego/nasi megono ini merupakan makanan desa. Nasi megono ini menggunakan bahan nangka muda yang dicincang halus dan dipadukan dengan bumbu kelapa yang pedas dan gurih, terik tahu dan tempe, dan sambal tauco yang pedas dan gurih. Terik tahu dan tempenya dimasak dengan bumbu bawang, kemiri, dan santal kental. Sungguh sedap saat disantap dengan nasi panas. Anda juga dapat menambahkan lauk semisal ayam goreng atau tempe mendoan. Sedapp ūüėÄ

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

2. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan nasi olahan khas Pati-Jawa Tengah. Olahan nasi ini berupa nasi pindang berwarna putih dan pulen yang dialasi daun pisang saat penyajiannya. Satu porsi nasi ini, biasanya dilengkapi Perkedel, tempe, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi, dan diberi bumbu kecap manis-pedas, sebagai pelengkap diberi sambal dan kerupuk.

Baca Juga :   Nikmatnya Pangsit dan Bakso di Resto Legendaris 2T Yogyakarta

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

3. Nasi Tumpang

Nasi tumpang adalah masakan asli daerah Kediri. Nasi tumpang adalah nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan sambal yang dibuat dengan bahan baku tempe yang sudah basi (tempe bosok) dan dimasak dengan ayam serta kadang-kadang rambak (kulit sapi).

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

4. Nasi Boranan

Nasi boranan adalah nasi putih yang dihidangkan bersama peyek kacang, ikan bandeng berkuah pedas dan gimbal poho. Gimbal poho adalah sejenis perkedel dari singkong dan campuran kelapa. Masakan ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur.

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

5. Nasi Lengko

Makanan ini adalah khas masyarakat pantai utara seperti Cirebon, Indramayu, Brebes, dan Tegal. Makanan rendah kalori ini sarat protein dan serat karena terbuat dari nasi putih panas, tempe goreng, tahu goreng, irisan timun, tauge rebus, irisan kucai, bawang goreng, bumbu kacang pedas menyerupai bumbu rujak, dan kecap manis encer yang disiram di atas menu dan disantap dengan kerupuk aci.

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

6. Nasi Tempong

Nasi Tempong berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam sepiring nasi tempong terdapat nasi panas, sayuran rebus seperti bayam, kenikir, daun kemangi, serta gorengan tahu dan tempe. Untuk lauknya bisa memilih ikan asin, ikan laut, empal, pepes, ayam, telur dadar, dan lainnya. Adapun yang membuat nasi tempong menjadi komplit, adalah kehadiran sambal mentah yang cukup pedas.

Baca Juga :   Minum Sake Di Rapoppo Kushiyaki Bar Yogyakarta

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

7. Nasi Tewel

Sego Tewel adalah merupakan salah satu masakan khas dari Kabupaten Pati,  Sego Tewel  biasanya terdiri dari nasi dan sayur nangka muda (tewel, gori, cecek -Bahasa Jawa). Disajikan dengan piring yang dilapisi daun jati. Aroma khas daun jati yang terhirup bersama aroma tewel sangat menggugah selera. Rasa sedikit pedas juga memberi sensasi tersendiri. Nasi tewel dihidangkan hanya dengan lauk tempe goreng dan bakwan. Unik ya !

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

8. Nasi Geghog

Nasi geghog adalah nasi asal Trenggalek, Jawa Timur yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Keistimewaan dari nasi ini adalah Sebelum di kukus nasi ini di taburi dengan sambal teri di bagian atasnya sehingga rasa dan aromanya sangat nikmat.

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

9. Nasi Bogana

Nasi khas Tegal ini terdiri dari nasi putih bercampur dengan sambal goreng ati ampela, ayam suwir opor kuning, opor telur, tumis kacang panjang, tempe tumis cabai hijau, dan telur pindang. Semua bahan ini dikemas menjadi satu dalam bungkus daun pisang yang membuat aromanya terasa harum. Duhh, jadi laper..

Baca Juga :   Menikmati Nuansa Romantis Yogyakarta dari Ibis Sky Bar Lt 7

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

10. Nasi Minyak

Wah, apa enaknya nasi yang dimakan dengan minyak? Eits, tunggu dulu! Nasi minyak adalah makanan khas Jambi berupa beras yang dimasak dengan susu, saos tomat, minyak samin dan rempah-rempah seperti jahe, jintan manis, jintan putih, kayu manis dan cengkih. Dari penampilannya, sekilas nasi minyak ini  mirip dengan nasi kuning. Nasi minyak ini juga banyak dipengaruhi oleh kuliner Arab. Nasi minyak paling sedap bila disantap bersama kari sapi atau ayam.

aneka-menu-nasi-khas-daerah-yang-patut-dicoba

Wah, jadi laper saya… . Sebenernya masih ada banyakkk sekali menu nasi khas dari tiap daerah di Indonesia…¬†dan menu nasi ini¬†hanya sebagian saja.. Tapi siapa yang belum pernah mencicipi semuanya? Wah rugi tuh, soalnya makanan nasi khas daerah ini enak-enak semua! Jangan lupa mencoba kalau berkunjung ke daerah-daerah tersebut ya! ūüėÄ salam #gendutbersama.

sumber : jitunews.com, klikhotel.com, sajiansedap.com, kompasiana.com, bon-templates.blogspot.co.id, lamonganoke.files.wordpress.com, kabarkotapati.blogspot.co.id, travel.detik.com, bogana-milka.com, life.viva.co.id

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *