About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Terkuak ! Mengapa Porsi Nasi Padang Selalu Lebih Banyak Saat Dibungkus

terkuak-mengapa-porsi-nasi-padang-selalu-lebih-banyak-saat-dibungkus

Jika kita perhatikan, saat membeli nasi padang dan saat dibungkus pasti nasinya lebih banyak. Mengapa hal tersebut selalu terjadi ? ya tentu ada beberapa alasannya yang beberapa sudah menjadi tradisi maupun kemudahan saat melayani pembeli. Apa saja ?  Mari lihat berikut ini…

Upah Nggak Usah Nyuci
Uda atau Uni yang ada di restoran Padang itu orangnya pengertian. Soalnya, alasan dia ngasih nasi lebih adalah sebagai upah karena pegawainya nggak usah nyuci piring lagi.
Tapi, kamu akan dikasih nasi yang dikit kalau kamu pesan nasi bungkusnya kayak gini, “Uda, nasi Padangnya dibungkus satu ya. Tapi… dibungkus sama piringnya.”
Kalau kayak gitu, biasanya bakal dikasih nasinya dikit banget.

Nggak Ngotorin Piring
Pesan nasi Padang dibungkus itu bagus, karena nggak ngotorin piring. Kasian Uda dan Uni yang udah bersihin piringnya, udah bersih masa mau dikotorin lagi. Noda santen itu susah dihilangkan loh guys, perlu gosokan yang ekstra dan butuh sabun pembersih piring yang banyak pula. Maka dari itu, sebagai tanda terima kasih, jumlah nasinya pun ditambahin.

Baca Juga :   Menikmati Sajian Hotplate Maknyuus Ala Pepper Lunch

Buat Orang Rumah Juga
Ada dua alasan kenapa orang suka ngebungkus makanannya. Pertama, karena dia disuruh orang rumah untuk beli. Dua, karena dia jomblo. Jomblo itu nggak sanggup makan sendirian di restoran, makanya dia bungkus makanannya lalu dia bawa ke rumah atau ke kostan. Habis itu, dia akan makan sendiri dibumbui kuah-kuah kesepian yang rasanya kayak paria. Pahit.
Tapi, alasan kenapa nasi Padang yang dibungkus itu nasinya lebih banyak adalah karena Si Uda sudah tahu kalau nasi itu bukan cuma buat kamu. Pasti orang rumah juga sedang menunggu pesanan itu sambil mangap-mangap kelaparan. Makanya, nasinya dibanyakin biar bisa menyelamatkan perut orang lain juga.

Baca Juga :   Rumah Makan Dengan Menu Olahan Daging Kobra

Buat di Jalan
Orang yang lagi perjalanan jauh, apalagi buru-buru, sering banget beli makannya di bungkus. Dan nasi Padang ini nggak jarang jadi pilihan utama. Makanya, karena mengerti betul akan hal itu, Uda di restoran nasi Padang ngasih ekstra nasi karena orang yang sedang dalam perjalanan jauh pastilah butuh asupan makanan lebih.
Pengertian sekali memang. Jadi pengin ngajak jadian.

Karena Sejarahnya Sudah Begitu
Kalian pernah denger nggak, istilah ‘porsi kuli’? Porsi kuli adalah istilah bagi orang yang makan nasinya setinggi gunung Everest. Yap, orang itu makan nasi yang porsinya setinggi 8.850 meter dari permukaan piring.
Sejarah sudah mencatat (dan terbukti sampai sekarang) bahwa nasi Padang itu biasanya dipesan oleh mamang-mamang yang kerja di proyek bangunan. Saat makan siang tiba, biasanya akan ada satu mamang yang pergi ke rumah makan Padang lalu memesan banyak nasi yang dibungkus. Dan karena mamang itu adalah pekerja berat alias kuli, maka porsinya pun porsi kuli.
Dan dari sejarah itulah, akhirnya semua nasi Padang yang dibungkus nasinya dikasih lebih. Tentu saja kita bersyukur kalau nasinya jadi dibanyakin. Karena seperti kita tahu, orang Indonesia itu suka hal yang jumlahnya banyak. Apalagi soal nasi dan istri. #eh

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *