About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Makanan Tradisional yang Tergusur oleh Jaman

Setelah kemarin kita bahas yang hits-hits, sekarang kita mau bahas yang jadul-jadul nih. Tiba-tiba terpikir, makanan apa sih yang sekarang ini susah ditemui. Pasti banyak dari kita yang mungkin nggak pernah denger namanya karena makanan ini makin lama makin tergusur oleh jaman. Atau mungkin makanan tradisional ini mengingatkan kita akan masa kecil saat berkunjung ke rumah nenek? hehe.. Nah, aku mau share untuk berbagi info nih.. atau siapa tau kita bisa ikut melestarikannya ya. Soooo, ada apa aja sih makanan tradisional tersebut?? Yuk, let’s check it out!!

Bolu Emprit

Bolu emprit makanan tradisional khas Jogja peninggalan nenek yang sekarang mulai jarang ditemui. Rasanya manis dan agak sedikit keras, sangat cocok untuk teman minum teh. Disebut Bolu Emprit mungkin karena bentuknya yang mungil dan berwarna cokelat seperti Burung Emprit (Burung Gereja).

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Ongol-ongol

Ongol-Ongol adalah salah satu makanan ringan tradisional di Daerah Jawa Barat. Bahannya antara lain terdiri dari tepung sagu aren kering (bahan utama), air, gula jawa, daun pandan, kelapa dan garam. Jajanan yang satu ini juga sudah susah ditemui. Bagi yang ngga tahu seperti apa itu ongol-ongol, kaya gini nih..

Baca Juga :   Nasi Goreng Lezat Dengan Harga Mahasiswa, Nasgor 212 Yogyakarta

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Kembang Goyang

Mungkin Anda sudah jarang menemukan kue kering asal Betawi yang satu ini. Namanya kue kembang goyang. Saat hari raya Idul Fitri, kue ini menjadi suguhan khas warga Betawi ketika menyambut tamu yang datang bersilaturahmi. Belakangan ini, popularitas kue kembang goyang memang menurun, seiring semakin banyaknya jenis kue yang muncul. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Gulo Puan

Konon, di zaman kesultanan, gulo puan merupakan kegemaran para bangsawan Palembang. Diolah dari susu kerbau rawa di pedesaan di kawasan rawa-rawa Sumatera Selatan, makanan pelengkap ini merupakan kekayaan rasa yang hadir dari kekayaan alam Sumatera Selatan. Keberadaannya saat ini terbilang langka. Puan berarti ’susu’ dalam bahasa daerah Sumatera Selatan (Sumsel). Gulo puan bisa diartikan ’gula susu’ sesuai bahan dasarnya, yaitu gula dan susu yang dibuat menjadi sejenis karamel. Teksturnya lembut sedikit berpasir dengan warna coklat.

Baca Juga :   Tempat Makan Unik Di Yogyakarta

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Clorot

Clorot adalah makanan khas Purworejo. Sebenarnya makan ini asli dari daerah Grabag, salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo. Clorot terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. Rasanya manis. Kenyal. Uniknya dari Clorot adalah cara membungkusnya, menggunakan daun kelapa muda, dibuat melingkar, berulin, memanjang, tengahnya diisi adonan, lalu dikukus.

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Kidu

Kidu adalah sebuah makanan dari ulat pohon enau yang dapat dinikmati dengan cara langsung dilahap atau dengan cara dimasak terlebih dahulu. Makanan dengan bahan utama ulat enau ini memang sudah mulai langka ditemui karena pengolahan ulat yang cukup sulit, jika Anda salah atau tidak bisa mengolah ulat ini dengan baik maka Anda dapat mengalami sakit perut.

Baca Juga :   RESEP RAHASIA Mengubah Masakan Jadi Enak !!

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Kembang Waru

Jajanan ini adalah makanan khas Kotagede, Yogyakarta. Jajanan yang mirip dengan Bolu basah ini terbuat dari telur ayam, tepung terigu, gula pasir, soda vanili, dan susu, dengan hasil akhir yang berbentuk seperti bunga waru berwarna Kuning coklat agak merah.

makanan-tradisional-yang-tergusur-oleh-jaman

 

Nah itulah beberapa makanan tradisional yang sekarang ini udah susah ditemui karena tergusur oleh jaman.. ada yang tau semua? 😀 atau mungkin belum pernah denger? hehe…

Tiap daerah punya keunikan makanan tradisionalnya sendiri dan itu adalah kekayaan keberagaman di Indonesia. Sayang banget kalau warisan dari jaman dulu ini sampai punah ya. Buat temen-temen yang mau berbagi makanan tradisional di daerahnya, boleh komen ya 😀

sumber: lifestyle.liputan6.com, indonesiakaya.com, kaskus.com, oleh-olehyogya.com, jalanjogja.com, travel.kompas.com, jogjajanan.wordpress.com, dyanwahyuutami.files.wordpress.com, pinepin.com

Food Buddy

One thought on “Makanan Tradisional yang Tergusur oleh Jaman

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Kuliner, menurut saya Wisata Kuliner merupakan tempat yang sangat
    menarik juga banyak hal yang bisa dinikmati dalam dunia kuliner.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai dunia kuliner
    yang bisa anda kunjungi di Dunia Warisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *