About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Aneka Minyak untuk Memasak dan Penggunaannya

Minyak untuk memasak pasti udah nggak bisa lepas dari kebutuhan. Minyak udah jadi bahan pokok yang wajib ada di dapur dan minyak kelapa sawit mungkin adalah minyak yang paling sering kita pakai.. Apalagi menu gorengan udah pasti jadi favorit kita semua. Nah, ternyata ada banyak macam minyak yang bisa digunakan untuk memasak.. beberapa bahkan bisa jadi pilihan yang tepat untuk menggantikan minyak kelapa sawit karena lebih sehat. Tiap minyak ini memiliki kandungan dan cara penggunaan sendiri loh. Jadi jangan sampai salah, karena penggunaan yang nggak tepat juga bisa berakibat buruk buat tubuh. Yuk kita simak macam-macam minyak memasak dan pengunaannya 😀

Minyak Canola
Minyak canola kini mulai banyak ditemui di beberapa supermarket besar. Minyak canola merupakan Hasil ekstrak dari biji canola yang termasuk minyak nabati yang cukup aman untuk kesehatan. Mengandung omega-3 yang cukup tinggi, selain itu asam lemak tak jenuh tunggalnya juga bisa membantu Anda menjaga kolesterol tetap dalam keadaan normal. Canola hampir tidak memiliki cita rasa yang khas,  sehingga  tidak mempengaruhi makanan yang dimasak.
Saran penggunaan: untuk menggoreng dan menumis dengan api kecil atau api bersuhu rendah, Bisa juga dipakai sebagai salad oil.

Baca Juga :   Tips Membuat Gorengan Biar Renyah dan Kriuk

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Kelapa Sawit
Minyak ini terbuat buah kelapa sawit, cenderung berwarna kemerahan karena mengandung beta karoten atau senyawa antioksidan, yang tinggi. Minyak kelapa sawit banyak mengandung asam lemak jenuh palminat dan miristat, yang bisa membuatnya stabil terhadap pemanasan.

Saran penggunaan: Bagus digunakan untuk menunis dan menggoreng (minyak kelapa sawit warna kuning keemasan), Sebagai salad oil (minyak kelapa sawit merah).

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Kelapa
Terbuat dari bahan baku kopra, Kandungan asam lemak jenuh, pada minyak kelapa membuat stabil saat di gunakan untuk menggoreng  akan menghasilkan gorengan lebih gurih dan renyah.
Saran penggunaan: untuk menumis dan mengoreng.

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Wijen
dibuat dari hasil pemerasan biji wijen. Jenis yang dimurnikan memiliki titik asap tinggi, Meski bisa digunakan untuk menggoreng,  aroma yang khas membuat minyak wijen jarang dipakai dalam memasak. Yang perlu diwaspadai adalah risiko terkena alergi dengan gejala sesak napas.
Saran penggunaan: untuk salad oil, sebagai campuran masakan untuk menambah rasa menjadi lebih enak, namun kalau mau dipaksakan untuk menumis atau menggoreng sebaiknya digunakan dengan api kecil atau api bersuhu rendah.

Baca Juga :   Katanya Makanan Ini Pembawa Kebruntungan Saat Imlek lho

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau olive oil dibuat dari buah zaitun yang diproses secara khusus. Minyak ini banyak manfaatnya, selain bisa untuk menggoreng dan menumis, bisa juga digunakan untuk perawatan kecantikan. Minyak ini membantu menurunkan kolesterol jahat. Minyak olive ini ada beberapa jenis seperti extra virgin olive oil yang digunakan langsung (tidak baik digunakan untuk menumis/menggoreng), Extra Light Dan Light Olive Oil yang bisa digunakan untuk memanggang, menumis, dll, Fino Olive Oil, Pure Olive oil, Extract Dan Refined Olive Oil dan Pomace.

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Kulit Padi

Minyak kulit padi atau rice bran oil bisa menurunkan kolesterol karena adanya komponen dalam minyak yang disebut oryzanol, mengandung vitamin E alami, kadar antioksidan pun bagus buat kulit. Karena titik didihnya yang tinggi menjadikan rice bran oil ini cukup aman untuk digunakan memasak dengan metode deep frying dan juga stir frying. Rice bran oil juga bisa digunakan sebagai dressing salad, karena tidak akan merubah rasa utama dari salad tersebut.

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Mustard

Minyak mustard adalah minyak olahan dan saringan yang biasanya dijual sebagai minyak sayuran. Minyak ini memiliki kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga harus digunakan sedikit saja pada sayuran tertentu. Jika digunakan secara berlebihan, minyak ini bisa mengganggu kesehatan.

Baca Juga :   Jajanan SD Yang Pasti Tak Pernah Kamu Lupakan

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari kaya akan PUFA, asam linoleat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Menggunakan minyak bunga matahari pada masakan tentu sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Minyak Kacang Tanah

Minyak kacang tanah mengandung MUFA yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik. Biasanya minyak kacang tanah tersedia dalam bentuk kotor dan disaring. Minyak kacang tanah yang disaring mungkin lebih bersih, namun bisa saja mengandung zat beracun. Jadi pilihlah minyak kacang tanah yang sudah disaring dari merek yang terpercaya. Minyak ini cocok untuk semua jenis masakan, baik digoreng, dipanggang, atau lainnya.

aneka-minyak-untuk-memasak-dan-penggunaannya

Nah itulah macam-macam minyak memasak yang bisa kita gunakan dan penggunaannya. Udah nggak bingung lagi dong ketika melihat banyaknya macam minyak yang tersedia di supermarket 😀

sumber: food.detik.com, sinarharapan.co, merkterbaik.blogspot.com, jendela-alam.com, merdeka.com, mudazine.com, healt.liputan6.com, amazine.co, media.licdn.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *