About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Donat Memiliki Lubang, Ini Kisahnya!

“Bulet-bulet bolong tengahe, namanya kue donat”. Mungkin ada yang masih ingat dengan potongan lirik lagu tersebut? hehe.. Yap, lagu Donat yang dipopulerkan Joshua Suherman tahun 1999. Kali ini saya bukan mau bahas lagunya, tapi kuenya yaitu kue donat. Siapa yang nggak tahu dan nggak suka sama kue yang satu ini? Rasanya enak dan bisa divariasi dengan banyak rasa membuat siapa saja tergiur. Bentuk khas kue ini adalah adanya lubang ditengahnya, meskipun ada juga model donat yang tidak berlubang. Saya pun tiba-tiba kepikiran awal mula adanya lubang di kue donat dan mulai penasaran, yuk kita cari tahu ! 😀

Sejarah donat sesungguhnya masih misteri, belum ada bukti otentik tentang penemu dan asalnya. Setidaknya, donat sudah dikenal penduduk Amerika sejak lama. Sehingga, bisa dibilang donat adalah kue yang sangat khas Amerika. Dalam History of New York (1809), penulis Washington Irving menggambarkan kue itu, “berbentuk bola terbuat dari adonan manis, digoreng dengan minyak dan lemak babi, dan disebut doughnut (kue adonan kacang-lemak) atau olykoeks.” Belakangan, kata doughnut mengalami peluruhan menjadi donut, meski kata aslinya masih tetap dipakai.

Baca Juga :   Makan Puas, Nongkrong Asyik di Parsley Seturan Yogyakarta

Lalu bagaimana kisahnya hingga kue itu sekarang terkenal dengan lubang di bagian tengah? Asal usul itu belum memiliki kejelasan yang pasti. Berikut adalah beberapa kisah terkait penemuan lubang pada donat.

1. Hanson Gregory di Atas Kapal

Hanson Gregory, seorang kapten kapal mengklaim sebagai pencipta “lubang” pada donat. Pada abad ke 19 ketika kapalnya berlayar, ia duduk di atas dek kapal sambil menikmati kue bulat. Tapi di saat sedang asyik-asyiknya menikmati kuenya, tiba-tiba ada ombak yang cukup besar yang menghantam kapalnya. Sebagai kapten, iapun harus mengendalikan kapalnya agar tetap stabil terkena ombak. Iapun membutuhkan kedua tanganya untuk mengendalikan kemudia kapal, tapi ternyata ia tak mau membuang kuenya, sehingga ia menancapkan kuenya di salah satu pegangan kemudi, sehingga kue yang ia makan menjadi kue yang berlubang tengahnya. Setelah badai reda, ia menyadari penemuan barunya dan langsung menyuruh koki kapal membuat kue dengan lubang di tengahnya. Inilah awal terbentuknya donat berlubang seperti cincin.

Baca Juga :   Jadi Begini tooo Sejarah Kue Ranjang.. Baca yuk..

donat-memiliki-lubang-ini-kisahnya

2. Hanson Gregory di Dapur

Cerita ini bermula Hanson Gregory masih kecil. ia menemani ibunya untuk menggoreng adonan kue berbentuk Bulat. Saat itu, ia bertanya kepada ibunya ” Bu, kenapa matangnya lama sekali?”. Dan ibunya pun menjawab “soalnya bagian tengahnya susah matang, butuh waktu lama”. Gregory kecilpun kemudian membuang setiap bagian tengah dari kue yang belum digoreng dang berkata kepada ibunya “bu, gorenglah kue yang sudah kulubangi ini, pasti matangnya cepat”. Ibunya pun menggoreng kue yang sudah berlubang di tengahnya itu, sejak itulah kemudian muncul ide untuk membuat kue yang berlubang tengahnya alias Donat.

3. Hanson Tidak Suka Walnut

Menurut versi lain, Hanson tidak begitu doyan dengan walnut yang ditaburkan di tengah donat. Ia membuang bagian tengah donat. Jadilah lubang di tengah donat! Jurumasak kapal tentu manut dengan keinginan sang kapten: bikinlah donat dengan lubang di tengahnya.

4. Versi Thomas A. Lehnman

Thomas A. Lehnman, direktur sebuah perusahaan kue di Amerika, memberikan versi lain mengapa donat memiliki lubang di tengah. Ia menyatakan, donat (yang dibuat mengembang menggunakan ragi) dapat dibuat dengan mudah sekali tanpa lubang. Sebagai contoh, ia menunjukkan bismarck, atau donat isi jeli. Namun, meski begitu, jika bismarck digoreng di permukaan—sama seperti ketika orang menggoreng ragi konvesional—donat tanpa lubang akan cenderung terlalu mengembang, sehingga berubah seperti bola. Agar lebih mudah dan hasilnya juga baik, koki zaman dulu menyadari perlunya membuat lubang di tengah kue.

Baca Juga :   Nasi Goreng Lezat Dengan Harga Mahasiswa, Nasgor 212 Yogyakarta

Nah itulah kira-kira kisah awal mula diciptakannya lubang pada kue donat. Lucu-lucu ya,hehhee.. Ternyata lubang donat juga ada sejarahnya. Sang penemu dan pencetusnya tak lain adalah seorang yang bernama Hanson Gregory, tapi walaupun begitu, yang berhak menerima paten atas lubang donat ini adalah seseorang yang bernama John Blondell, karna ialah yang pertama kali mempatenkan proses pembuatan kue berlubang itu pada tahun 1872.

donat-memiliki-lubang-ini-kisahnya

sumber: brilio.net, asalusul.sofhaljamil.com, sekedar-tahu.blogspot.com, apakabardunia.com, jst4share.blogspot.com, technokers.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *