About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Mengenal Beragam Masakan Mie Khas Nusantara

Mie? Favorit dehh.. Mie jenis apapun, dimasak jadi masakan apa aja saya doyan hahaa.. :p Mie merupakan makanan yang sudah mendunia. Seluruh negara mengenal mie dan menjadikannya berbagai masakan dengan segala variasinya. Di Indonesia tercinta ini tenyata ada banyak masakan berbahan mie yang menjadi makanan khas suatu daerah. Tiap mie khas daerah ini memiliki cita rasa, komposisi dan keunikannya masing-masing. Kita sebagai warga Indonesia harus cobain macam-macam masakan mie dari berbagai daerah ini, karena pastinya enak dan rugi kalo nggak cobain!! ­čśÇ Saya sendiri jadi penasaran buat cari tahu dan nulis tentang ini. Yuk kita cari tau ada apa aja masakan mie tersebut!

  1. Mie Aceh

Namanya juga mie Aceh, pasti ya dari Aceh dong… Untuk penyajian bisa pilih 2 cara, mau digoreng atau direbus. Variasi dari mie Aceh bisa ┬ámenggunakan daging kepiting, udang atau jenis seafood lain. Buat kamu pecinta seafood wajib nyoba nih.. Umumnya, mie aceh disajikan dengan emping, irisan timun, bawang merah, dan jeruk nipis.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Celor

Hidangan ini berasal dari kota Palembang. Mie celor disajikan dalam campuran kuah santan kental dan kaldu udang galah yang kemudian ditambahkan dengan irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Ukuran mie yang digunakan besar sama halnya dengan mie Aceh.

Baca Juga :   Keunikan Tata Cara Makan Ratu Diana

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Bakmi Jawa

Mie Jawa merupakan mie khas Kota Yogyakarta. Kamu bisa menikmati mie jawa ini versi goreng atau rebus (godog). Mie Godog ini terdiri dari rebusan mie kuning, telur, suwiran daging ayam, kol, tomat, dan daun bawang. Mie yang satu ini adalah kuliner Jogja yang wajib kamu coba.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Laksa Bogor

Laksa Bogor merupakan Mie khas kota Bogor. Kuah kentalnya berasal dari potongan oncom. Mie yang dipakai adalah mie bihun yang ditambah tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus. Laksa bogor biasanya dimakan dengan sambal cuka.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Koba

Sesuai namanya, Mie Koba berasal dari Koba Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mie Koba adalah mie kuah yang disiram kaldu daging tenggiri dipadu daun seledri dan bawang goreng.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Ongklok

Mie Ongklok adalah makanan khas Wonosobo yang berupa rebusan mie kuning yang disajikan bersama kol dan daun kucai, yang merupakan sayuran utama masyarakat setempat. Umumnya disajikan bersama sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Kocok

Mie yang satu ini adalah mie khas dari kota kembang Bandung. Mie Bandung ini rasanya gurih, biasanya ditambah tauge,potongan kikil, atau kulit sapi. Biar lebih seger, biasanya ditambah dengan sambal cabe rawit dan jeruk nipis.

Baca Juga :   Kendi Di Film Silat Ini Ternyata Ada Di Indonesia

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Koclok

Kalau mie yang satu ini asli dari kota Cirebon. Yang unik dari mie ini adalah kuah santan kental yang mirip bubur. Kuah ini nanti yang bakal disiram diatas mie kuning, semacam pasta.  Jangan lupa diatasnya masih ada irisan telur, suiran daging ayam, taburan bawang goreng dan daun bawang.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Cakalang

Kalau mie khas Manado yang satu ini dimasak dengan ikan tuna dan disajikan taburan abon ikan cakalang. Biar lebih sedap biasanya ditambah sambal lombok hijau yang dicampur cuka, air, dan garam. Kalau masyarakat Manado biasanya menikmati mie cakalang bareng bubur manado sebagai sarapan.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Bangka

Sesuai namanya, mie bangka merupakan kuliner khas masyarakat Bangka. Hidangannya terdiri dari mie kuning yang biasanya disiram dengan kuah berbumbu ikan, udang, cumi, atau kepiting, kemudian ditambah taoge, timun, kerupuk, dan cabe.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Toprak

Mie Toprak berasal dari Solo. Isinya umumnya terdiri dari mie kuning, tetelan, kol, taoge, tahu, tempe, sosis, kacang goreng, serta pelengkap lainnya. Kuahnya segar, rasanya seperti perpaduan antara bakso dan soto.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Titi/ Mie Kering

Keunikan hidangan yang berasal dari Makassar ini terletak pada penggunaan mie kering yang disiram dengan kuah kental gurih yang berisi hati ayam, bakso, udang,cumi, serta beragam sayuran. Mie kering ini semakin istimewa rasanya jika ditambahkan perasan jeruk nipis.

Baca Juga :   Ayoo Cobain Resep Bikin Koya, Remesan Pelengkap di Soto Lamongan

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Soto Mie

Soto Mie Bogor merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kota Bogor. Soto mie Bogor berbeda dari soto pada umumnya, hal tesebut dikarenakan soto mie Bogor sendiri disajikan bersama dengan mie kuning dan juga risol yang memang menjadi cirikhasnya tersendiri.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

  1. Mie Belitung

Mi belitung merupakan makanan sejenis mi kuning siram kuah kental kecokelatan. Rasanya manis bercampur gurih. Namun lebih dominan rasa manisnya. Udang menjadi bahan utama di dalam racikan kuah kentalnya. Kuah kental berasal dari kaldu udang asli ditambahi bumbu-bumbu, seperti gula aren, bumbu merica, laos, maizena dan daun salam. Terpisah dengan kuah kentalnya, yang menjadi pelengkap kenikmatan mi belitung adalah emping, kol, cakwe goreng, irisan kentang rebus, tahu, dengan tauge terselip di dalam mie kuning.

mengenal-beragam-masakan-mie-khas-nusantara

Memang kaya ya negeri kita ini.. ada beragam kuliner, khususnya mie. Saya jadi penasaran pengen cobain.. Soalnya saya baru sedikit yang pernah coba. Dan karena saya orang Jogja, maka mie jawa lah yang paling sering saya makan :p Syahdu tuh dimakan malem-malem.. #gendutdeh #ahbiarin #pentingenak. salam #gendutbersama ­čśÇ

sumber :blog.catallya.com, belindomag.nl, tribunnews.com, resepdapurumami.blogspot.com, triphemat.com, yhelly.wordpress.com

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *