About US

Maecenas feugiat sed diam ut semper. Mauris lectus purus, dapibus eu lectus ut, ullamcorper semper orci. Donec sagittis dolor dolor, non dapibus enim molestie eu. Etiam dictum gravida congue. Nunc nunc sem, porta non pellentesque id, pellentesque ac arcu. Duis vel luctus nisi, vehicula varius ante.

Macam Variasi Kopi Khas Nusantara

Macam Variasi Kopi Khas Nusantara

Di Jogja lagi ngtrend ngtrend nya nih foodstarter pada buka coffee shop cobain deh kalo main ke jogja, di kanan kiri banyak banget kita temui coffeeshop,dengan berbagai macam variasinya, beberapa ada yang menyediakan kopi modern yang sudah dicampur dengan susu atau bahkan rasa rasa namun ada juga yang menyediakan kopi origin nusantara. nah karena saya dulunya juga tidak tahu soal kopi kopian dan akhirnya saya coba cari cari info, dan akhirnya saya dapet juga dan sekarang saya akan coba bagikan ke teman teman pecinta kopi 😀

Perlu diketahui temkul (teman kuliner) Indonesia ini punya banyak banget jenis kopi dan ada khasnya sendiri sendiri lho dan bukan main main kopi Indonesia sudah merambah ke luar negeri 😀

1. Kopi Bali Kintamani
Kopi yang berasal dari daerah Kintamani Bali nan sejuk ini memang memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain di nusantara. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Kopi jenis ini menggunakan sistem ‘tumpang sari’ bersama dengan jenis tanaman lain. Itu kenapa biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Selain memiliki cita rasa ‘buah’, kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat. Keunikanya tersebut di dapat dari letak geografisnya yang unik juga. Bagi kamu yang menyukai cita rasa kopi berbeda, kopi Bali Kintamani bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Kopi Aceh Gayo
Aceh terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia. Cita rasa kopi Aceh sudah terkenal hingga mancanegara. Kopi Aceh Gayo misalnya, memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Karena rasa pahitnya hampir seratus persen tidak terasa pada kopi ini. Cita rasa kopi Aceh Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan rasa kopi Aceh Gayo melebihi cita rasa kopi blue montain yang berasal dari jamaika.

Baca Juga :   Sudahkah Anda Tahu Semua Rempah Rempah Ini ?

Kopi Aceh Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi gayo, Aceh tengah. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan). Aroma kopi Aceh akan semakin menjelajah dunia, kenikmatan tiada taranya ketika menghirup kopi Aceh pun akan semakin bisa dinikmati warga dunia lainya, Sekali mencoba kopi Aceh dijamin pasti jatuh hati.

3. Kopi Mandheling Sumatera
Karakter rasa dari kopi mandheling secara umum lebih full body, medium acidity, sweet flavour dan fruity aroma. Saat ini para importir kopi dari berbagai negara sudah mulai melirik kopi ini. Kopi mandheling merupakan kopi khas dari Sumatera Utara, kopi ini terkenal dengan keistimewaan rasa, aroma dan kekentalannya.

4. Kopi Papua Wamena
Kopi yang berasal dari wilayah Timur Indonesia ini tumbuh pada ketinggian 1.500 m dengan suhu 20 derajat. Menjadikannya kopi dengan cita rasa ringan dan memiliki keharuman tajam yang nikmat. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah, mungkin dikarenakan letak geografisnya dan juga struktur tanah tempat kopi ini bertumbuh. Yang membuat kopi ini berkualitas tinggi adalah para petani menanam kopi ini secara organik karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang tentu bisa memengaruhi kopi yang akan dihasilkan. Untuk kamu yang menyukai kopi dengan rasa ringan dan lembut, aroma tajam yang nikmat serta tekstur yang nyaris tanpa ampas, kopi Papua Wamena adalah pilihan yang tak mungkin salah.

5. Kopi Toraja Kalosi
Kopi toraja adalah kopi yang memiliki rasa khas, rata-rata penikmat kopi tahu ke-khasan rasa kopi Toraja ini. Kopi Toraja merupakan kopi yang sebagian besar berasal dari Tana Toraja di sebagian di kalosi dekat Tana Toraja. Kopi ini sangat terkenal. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki isi yang berat.

Baca Juga :   Info Event Halloween 2015 (Masih Seputar Makanan Pastinya)

Kopi Toraja bahkan sudah terkenal di beberapa negara, di Jepang dan Amerika Serikat terdapat sebuah perusahaan yang mempunyai hak patent atas produk kopi ini. Kopi toraja produksi kami adalah dari jenis arabika yang memang textur rasanya mempunyai taste yang berbeda dengan jenis yang lain, kelebihan kopi toraja dengan kopi yang lain adalah: memiliki rasa asam khas yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta, aroma lebih harum dan terkesan memiliki soft aroma, memiliki rasa kental saat disesap di mulut, memiliki rasa mild dan kopi ini terkenal mempunyai teste yang pahit mantap.

6. Kopi Lampung
Tanggamus adalah salah satu kabupaten penghasil kopi utama dari Provinsi Lampung. Nama tempat ini sendiri diambil dari nama Gunung Tanggamus (2.100 mdpl) tempat kabupaten itu berada. Perkebunan kopi memenuhi kaki hingga lereng gunung yang memiliki hutan lumut di puncaknya itu.

Tanggamus memberikan kontribusi 40 persen dari total hasil kopi di Lampung. Seluruh perkebunan kopi ini dikelola oleh petani kopi yang sebagian besar merupakan perantau dari tanah Jawa. Kopi robusta adalah kopi utama yang ditanam di gunung yang menjadi favorit para pendaki di Lampung.

Robusta Tanggamus memiliki ciri khas dibandingkan kopi di wilayah lain. Pasalnya, ini sangat bergantung pada kesuburan tanah di Tanggamus dan pengelolaannya yang menggunakan pupuk alami. Letak geografis juga memberi pengaruh pada ciri khas kopi Tanggamus.

Kopi ini bertekstur kasar, pahit, dan mengandung kafein yang tinggi. Banyak penikmat kopi yang kurang berminat mengonsumsi kopi robusta karena kandungan kafeinnya tinggi. Itulah yang menyebabkan pangsa pasarnya sedikit. Jadi jangan lupakan kopi lampung ini dikarenakan rasanya yang energik dan harum. Dunia lebih mengenalnya dengan sebutan kopi robusta atau kopi Sumatera.

Baca Juga :   Yuk Baca Tips Supaya Nggak Gemuk Walau Hobi Nongkrong

7. Kopi Medan Sidikalang
Siapa yang tak tahu kopi sidikalang? pasti semua para penikmat kopi sudah pernah mendengarnya ya. Kopi yang dulunya menjadi ikon Kopi Sumatera yang terkenal bahkan ke luar negeri.

Kopi sidikalang sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya, bukan hanya di dalam negeri saja tetapi hampir seluruh pecinta kopi Dunia mengakuinya. Sampai saat ini, kopi Sidikalang kerap disebut rajanya kopi di Sumatra. Bagi siapa yang belum terbiasa kopi , janganlah coba-coba menyeruput kopi Sidikalang jika tidak ingin jantung berdebar-debar kencang dan mata bisa melek sampai pagi.

8. Kopi Lintong
Lintong diambil dari nama daerah Lintong Nihuta, kabupaten Humbang Hasundutan di Tapanuli Utara. Kopi ini termasuk jenis arabika, yang menjadi ciri khas kopi arabika adalah rasanya yang lebih lembut (mild) tetapi terasa kental, memiliki aroma wangi dan rasa asam yang khas. Kopi ini cocok bagi anda pecinta kopi tubruk atau espresso.

Untuk masalah kulitas, kita tidak perlu khawatir, kopi lintong adalah salah satu kopi terbaik yang telah diakui dunia. Salah satunya adalah Starbuck, kita tidak perlu jauh-jauh datang ke Sumatera untuk menikmati kopi ini guys. Kopi ini biasanya sudah tersedia di cafe-cafe tertentu dan kebetulan di coffeeshop kami menyediakan banyak varian kopi nusantara.

Nah…..dengan banyaknya varian kopi nusantara, banyak pula para peminat kopi . Tk tanggung-tanggung mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menjadi pecinta kopi sejati. Rasanya itu kurang afdol ya menyeruput kopi di pagi hari sebelum beraktifitas. Apalagi jika menggunakan kopi nusantara yang sudah diakui dunia akan aromanya yang unik dan enak.

 

sumber : ottencoffee.co.id, sendokgarpu ,gosocio.co.id

Food Buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *